KOMPETENSI DASAR KURIKULUM BI SMP KELAS IX
MENULIS BUKU TEKS
Dosen Pembimbing: Prof.Dr.H.Jumadi, M.Pd./Noor Cahaya, M.Pd.
MENULIS BUKU TEKS
Dosen Pembimbing: Prof.Dr.H.Jumadi, M.Pd./Noor Cahaya, M.Pd.
Oleh
Kelompok7
Chendia
Lufiandari A1B114009
Eka
Fauzia A1B114014
Sarifudin A1B114052
Siti
Aisyah Ma’rifah A1B114054
Nur
Rahmah A1B114090
Suma
Ramadhan A1B114058
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN
DAERAH
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
APRIL 2016
----------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena dengan rahmat serta
taufik hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Kompetensi Dasar Kurikulum
BI SMP Kelas XI. Kami berterima kasih kepada Bapak Prof. Dr. H. Jumadi, M.pd.
dan Ibu Noor Cahaya, M.Pd.
selaku dosen mata kuliah Menulis Buku Teks 1 yang telah memberikan tugas ini
kepada kami.
Semoga makalah sederhana ini dapat
dipahami bagi siapapun yang membacanya.. Kami menyadari bahwa di dalam makalah
ini terdapat beberapa kekurangan. Oleh sebab itu, diharapkan adanya kritik dan
saran demi perbaikan makalah yang telah kami buat ini agar nantinya lebih baik
lagi untuk di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna
tanpa saran yang membangun.
Harapan kami makalah ini dapat berguna bagi siapa saja
yang membacanya terutama bagi mahasiswa/mahasiswi calon guru. Akhirnya kami
mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dalam
pembuatan makalah ini.
Banjarmasin, 12 April 2016
Penulis,
Kelompok 7
Penulis,
Kelompok 7
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ...................................................................1
DAFTAR ISI ................................................................................2
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang................................................................................3
1.2
RumusanMasalah...........................................................................3
1.3
TujuanPenulisan..............................................................................3
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan MTs.....................4
2.2
Kompetensi Inti Mata pelajaran Bahasa Indonesia............................4
2.3
KompetensiDasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.........................5
2.4
Kompetensi IntidanKompetensi DasarKelas IX Bahasa Indonesia.....9
BAB III
PENUTUP
3.1
Simpulan...........................................................................................11
3.2
Saran ...............................................................................................11
DAFTAR
PUSTAKA.......................................................................12
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pendidikan
adalah komponen yang paling penting dalam pembangunan bangsa.
Pendidikan memiliki tujuan tertentu sebagai acuan dalam membentuksumber daya manusia
yang unggul. Tujuan tersebut
tertuang
dalam
bentuk
kurikulum.
Kurikulum
berisi
berbagai
macam
standar
kompetensi
yang harus dicapai.
Kurikulum mengalami
berbagai
macam
perubahan
sesuai
perkembangan
zaman.
Kurikulum yang terbaru yang berlaku di Indonesia yaitu
Kurikulum
2013. Kurikulum 2013 memiliki Kompetensi Inti sebagai standar kompetensi yang
harus dicapai di setiap jenjang pendidikan, baik itu SD, SMP dan SMA.
Kompetensi inti
dijabarkan
kembali dalam bentuk Kompetensi Dasar. Kompetensi
Dasar adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap minimal yang harus dicapai
oleh siswa untuk menunjukan bahwa siswa telah menguasai Kompetensi Inti tertentu.
Di
dalam makalah ini membahas mengenai berbagai Kompetensi Dasar kurikulum bahasa
Indonesia SMP kelas IX.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa tujuan pembelajaran bahasa
Indonesia SMP dan MTs?
2. ApaKompetensi Inti mata pelajaran
bahasa Indonesia?
3. Apa Kompetensi Dasar mata pelajaran
bahasa Indonesia?
4. Apa Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar kelas IX bahasa Indonesia?
1.3
Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, tujuan pembuatan makalah ini yaitu:
1. Mengetahui tujuan pembelajaran
bahasa Indonesia SMP dan MTs
2. Mengetahui Kompetensi Inti mata
pelajaran bahasa Indonesia
3. Mengetahui Kompetensi Dasar mata
pelajaran bahasa Indonesia
4.
Mengetahui Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kelas IX
bahasa Indonesia
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan MTs
Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia diturunkan dari
Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Standar
Kompetensi Lulusan kemudian diturunkan menjadi Kompetensi Inti (KI).Pembelajaran
Bahasa Indonesia di SMP dan MTs memiliki empat tujuan utama yang tertuang dalam
kompetensi inti masing-masing jenjang pendidikan. Secara keseluruhan tujuan
pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan MTs adalah (1) memiliki sikap religius
(2) memiliki sikap sosial, (3) memiliki pengetahuan yang memadai tentang
berbagai genre teks bahasa Indonesia sesuai dengan jenjang pendidikan yang
ditempuhnya, dan (4) memiliki keterampilan membuat berbagai genre teks bahasa
Indonesia.
Setiap pengetahuan tentang berbagai genre teks bahasa
Indonesia harus diimplementasikan dalam produk berupa karya, artinya
pengetahuan tersebut harus bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan siswa
dalam membuat karya sesuai dengan genre teks yang ada. Selanjutnya
pengetahuan-pengetahuan yang dipelajari siswa harus bisa mengubah perilaku
siswa terutama yang berhubungan dengan sikap sosial dan religiusnya.
Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia SMP dan MTs
meliputi 15 jenis teks, yaitu: (1) teks anekdot, (2) teks eksposisi, (3) teks
laporan hasil observasi, (4) teks prosedur komplek, (5) teks negosiasi, (6)
teks cerita pendek, (7) teks pantun, (8) teks cerita ulang, (9) teks eksplanasi
kompleks, (10) teks film/ drama, (11) Teks cerita sejarah, (12) teks berita, (13)
teks iklan, (14) teks editorial/opini, dan (15) teks novel.
2.2 Kompetensi Inti Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi
SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan
pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu,
gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu
jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan
kualitas yang seimbang antara pencapaian hard
skills dan soft skIills.
Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar.
Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk
organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi
vertikal Kompetensi Dasar adalah
keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke
kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu
akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari peserta didik.
Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara
konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi
Dasar dari mata pelajaran yang berbeda
dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses
saling memperkuat.
RuangLingkup
Kompetensi
Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait, yaitu berkenaan dengan
sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi inti 2),
pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi inti
4).Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan
dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang
berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching), yaitu pada waktu peserta
didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi inti kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi inti kelompok
4).
2.3 Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran
untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi dasar
adalah kompetensi yang harus dikuasai peserta didik dalam suatu mata pelajaran
di kelas tertentu. Kompetensi dasar setiap mata pelajaran di kelas tertentu ini
merupakan jabaran lebih lanjut dari kompetensi inti, yang memuat tiga ranah,
yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Acuan yang digunakan untuk
mengembangkan kompetensi dasar setiap mata pelajaran pada setiap kelas adalah
kompetensi inti.
a. Kompetensi Dasar Domain
Sikap Ketuhanan
Kompetensi dasar (KD)
domain sikap dipilah menjadi dua aspek, yaitu aspek ketuhanan dan aspek
sosial. KD domain sikap aspek ketuhanan untuk mata pelajaranBahasa Indonesia
jenjang SMPdan MTs difokuskan pada perwujudan rasa syukur terhadap keberadaan
bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia di tengah beragaman
bahasa dan budaya, rasa syukur karena bahasa Indonesia berfungsi sebagai sarana
untuk memahami dan sekaligus menyajikan informasi secara lisan dan tulis. Wujud
rasa syukur ini dalam praktik pembelajaran di kelas ditandai dengan penggunaan
bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam memahami, menelaah, menilai, dan
menyajikan informasi baik secara lisan maupun tulis. Oleh karena itu, KD domain
sikap aspek ketuhanan ini tidak diajarkan tetapi diintegrasikan dalam KD domain
kognitif dan psikomotor.
Selanjutnya
rumusan KD domain sikap aspek ketuhanan untuk mata pelajaran bahasa Indonesia
kelas VII SMP adalah sebagai berikut: (1) Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya, (2) Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis (3) Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
b. Kompetensi Dasar Domain
Sikap Aspek Sosial
KD domain sikapaspek sosial mata pelajaran Bahasa Indonesia
untuk tiap kelas memiliki rumusan berbeda. KD ini difokuskan pada pemilikan
karakter jujur, peduli, cinta tanah air, semangat kebangsaan, demokratis,
kreatif, santun, percaya diri ketika mengungkapkan aktivitas berbahasa baik
secara lisan maupun tulis. Rumusan KD domain sikap aspek sosial ini dipilah
sesuai dengan jenis teks yang hendak dikompetenkan kepada peserta didik.
Selanjutnya untuk kelas VII
SMP ada 5 KD domain sikap yang diselaraskan dengan 5 jenis teks yang
dituntut untuk dikuasai oleh peserta didik, yaitu teks laporan hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerpen. Sikap jujur, tanggung
jawab, santun, dan lain-lain menjadi acuan ketika melaksanakan aktivitas
berbahasa sesuai dengan jenis teks. Contoh rumusan KD kelas VII SMP mapel
bahasa Indonesia untuk domain sikap aspek sosial dipaparkan berikut: (1),
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara
pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi, (2) Memiliki
perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas
karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna, (3) Memiliki perlaku kreatif, tanggung jawab,dan santun
dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi
pada masyarakat, (4) Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan
langkah-langkah suatu proses berbentuk linear), dan (5) Memiliki perilaku
percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka
pendek. Rumusan KD domain sikap aspek sosial tersebut memuat dua komponen
penting yaitu aspek sikap/perilaku (jujur, tanggung jawab, santun, dll.) dipadu
dengan aktivitas berbahasa dalam jenis teks tertentu (menanggapi hal-hal atau
kejadian berdasarkan hasil observasi, dll.). Dari rumusan tersebut tampak jelas
bahwa KD domain sikap aspek sosial ini tidak diajarkan dalam materi tersendiri
tetapi diintegrasikan dalam pembelajaran pada domain pengetahuan dan keterampilan.
c. Kompetensi Dasar Domain
Pengetahuan
Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMPdan MTs selalu diawali
dengan teori pengetahuan. Selanjutnya pengetahuan-pengetahuan itu harus
bermakna dalam bentuk produk/ keterampilan. Dan terakhir dengan pengetahuan dan
keterampilan yang dimiliki diharapkan bisa mengubah sikap para peserta didik.
Berikut adalah contoh rumusan KD kelasVII
SMPdan MTs mapel Bahasa Indonesia untuk domain pengetahuan: (1) Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan, (2) Membedakan teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan, (3) Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun
tulisan, dan (4) Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan maupun tulisan.
d. Kompetensi Dasar Domain
Keterampilan
Berikut contoh rumusan KD kelas VII SMP dan MTs mata pelajaran Bahasa Indonesia
untuk domain keterampilan: (1) Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan
cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan, (2) Menyusun teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan, (3) Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan,
dan (4) Meringkas teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara
lisan maupun tulisan.
2.4 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelas IX Bahasa Indonesia
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan
bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan
dan tulis
1.3
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi
lisan dan tulis
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Memiliki perilaku jujur dan percaya
diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kejadian dalam konteks
budaya masyarakat
2.2
Memiliki perilaku cinta tanah air dan
semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
dalam hal pesan dan nilai-nilai budaya
2.3
Memiliki perilaku demokratis, kreatif,
dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah
2.4
Memiliki rasa percaya diri dan
semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil
kegiatan ilmiah
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1
Memahami teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membedakan teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.3
Mengklasifikasi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun
tulisan
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1
Menangkap makna teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun
tulisan
4.2
Menyusun teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks
yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Meringkas teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB III
PENUTUP
3.1
Simpulan
Tujuan
pembelajaran bahasa Indonesia diturunkan dari Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013
tentang Standar Kompetensi Lulusan
(SKL). Kompetensi Inti merupakan terjemahan
atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang
telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang
pendidikan tertentu. KompetensidasarmatapelajaranBahasa
Indonesiadijabarkandalam domain sikapketuhanan, domain aspeksikapsosial, domain
pengetahuan, dan domain keterampilan.
3.2
Saran
Kompetensi Dasar harus sesuai dengan Kurikulum yang
berlaku dan harus mendidik serta mengembangkan daya berpikir siswa. Kompetensi Dasar
sendiri harus layak untuk diajarkan pada siswa serta harus sesuai dengan Kompetensi
Inti dan Indikator. Kompetensi Inti dan kompetesi dasar dijabarkan ke dalam indikator-indikator
yang dapat mendorong keaktifan dalam kegiatan belajar 5M (Mengamati, Menanya,
Menalar, Mencoba, dan Mengkomunikasikan).
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR PUSTAKA
Anomin, 2013. http://smpn1sindangagung.blogspot.co.id/2013/03/daftar-kompetensi-inti-dan-kompetensi.html. diakses pada 01 April 2016
Permen
No 58 tentangKurikulum SMP
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHal pertama yang harus diluruskan adalah smp kelas ix, kelompok kami memang keliru dalam penulisannya, kami mohon maaf atas hal tersebut.
HapusCara menentukan materi yang tepat untuk siswa adalah dengan melihat pada kurikulum yang berlaku pada saat tersebut, kurikulum adalah pedoman untuk guru dalam mengajar dan menentukan materi yang tepat. Terdapat kiat-kiat lain dalam menentukan materi yang tepat untuk siswa,yakni memilih teks yang sesuai dengan umur siswa, teks tersebut tidak mengandung unsur SARA, pornografi, maupun teks yang dirasa tidak tepat untuk diberikan pada siswa.
Dewi Herliani
BalasHapusNIM A1B114068
Kelompok 6
Bagaimana cara menentukan materi yang tepat untuk siswa smp kelas IX ?
Cara menentukan materi yang tepat untuk siswa adalah dengan melihat pada kurikulum yang berlaku pada tahun tersebut, kurikulum adalah pedoman untuk guru dalam mengajar dan menentukan materi yang tepat. Terdapat kiat-kiat lain dalam menentukan materi yang tepat untuk siswa,yakni memilih teks yang sesuai dengan umur siswa, teks tersebut tidak mengandung unsur SARA, pornografi, maupun teks yang dirasa tidak tepat untuk diberikan pada siswa.
HapusNama : Eka Anggriani
BalasHapusNIM : A1B114013
Dari Kelompok 5
Berikan salah satu contoh indikator dari beberapa kompetensi dasar di atas !
Terima kasih.
Nama : Nur Rahmah
HapusContohnya pada KD 4.1, yang berisi " menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan" indikatornya bisa berupa :1) menelusuri makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan. 2) mengidentifikasi makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan. Terima kasih kembali
Nama : Rieska Ananda
BalasHapusNIM : A1B114095
Kelompok 1
Kalian menyampaikan pada tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia bahwa setiap pengetahuan tentang berbagai genre teks bahasa Indonesia harus diimplementasikan dalam produk berupa karya, maksud karya disini karya yang bagaimana?
Nama :Nur Rahmah
HapusProduk yang kami maksudkan adalah karya sastra yang dapat meliputi cerpen,puisi,novel (karya sastra yang tertulis), dapat pula berupa karya pemantasan seperti drama dan teater,dan yang kedua adalah karya tulis ilmiah seperti makalah,artikel,maupun karya tulis seperti brosur,famflet, selebaran dll. Sebagai guru kita harus membimbing siswa dalam mengimplementasikan ilmu yang telah diperolehnya menjadi karya sastra maupun karya ilmiah.
Nama : Chendia Lufiandari
HapusNIM : A1B114009
Saya akan menjawab pertanyaan Rieska. genre teks BI yang dapat diimplemtasikan dapat berupa teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman teks percobaan. salah satu contoh teks eksemplum merupakan teks yang berbentuk naratif dan bercerita tetang pengalaman pribadi yang menurut tokohnya tidak perlu terjadi. penjelasan lebih rinci banyak di internet. Silakan Saudari cari sendiri.Dalam teks ini siswa dapat memproduksi teks berdasarkan pengalamanya. Terima kasih. Semoga Saudari berkenan dengan jawaban yang saya berikan.
Nama: Nia Novita Putri
BalasHapusNIM : A1B114084
Dari kelompok 2
Dalam materi ini kalian menjelaskan KD mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VII sedangkan judul makalah kalian memfokuskan pada SMP kelas IX. Mengapa menjadi tidak sesuai begini? Dan tolong jelaskan mengenai KD domain sikap ketuhanan, sikap aspek sosial, dan pengetahuan pada SMP kelas IX!
Terimakasih
Kami tidak menjelaskan KD mata pelajaran Bahasa indonesi SMP kelas VII, itu hanya contoh saja pada materi umum yang kami berikan, sedangkan dalam makalah kami menyajikan KI dan KD untuk kelas IX smp, sedangkan untuk penjelasan yang terperinci bisa anda simak hari ini pada saat pemaparan berlangsung. KD dominan ketuhanan merupakan KD yang hanya disisipkan dalam proses belajar mengajar,yang intinya kita harus mensyukuri keberadaan tuhan. KD 2, juga disisipkan pada pembelajaran yaitu aspek sosial yang meliputi implementasi sikap siswa terhadap lingkungan sosialnya, hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan tugas kelompok pada siswa, sedangkan KD 3 berisi materi yang harus di ajarkan kepada siswa, pada kelas ix smp,materi yang akan di ajarkan berupa teks eksemplum,tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan. Dan terakhir KD 4 meliputi keterampilan dalam mengaplikasikan pengetahuan yang telah di peroleh pada KD 3. Terima kasih.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus