Minggu, 21 Februari 2016

Hakikat dan Fungsi Buku teks (Kelompok 1)


TUGAS KELOMPOK 1
MENULIS BUKU TEKS
“HAKIKAT DAN FUNGSI BUKU TEKS”
Dosen pembimbing Prof. Dr. Jumadi,  M.Pd/ Nurcahaya, M.Pd

Logo_unlam
Disusun oleh :
Ayu Nia Maulita A1B114008
Rieska Ananda A1B114095
M. Ridho Pahlawan A1B114077
Norhidayatullah   A1B114089
Siti Fatimah A1B114098
Super Sumanto Silitonga A1B114059
M. Ikhsan Ramadhani A1B114081

PROGRAM STUDI PEND. BAHASA SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2016



KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Menulis Buku Teks 1. Adapun makalah ini berjudul Hakikat dan Fungsi Buku Teks Secara khusus, kami menyampaikan ucapan terima kasih  kepada Bapa/Ibu selaku dosen pengasuh dalam mata kuliah Menulis Buku Teks.
Kami menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan masukan, kritik dan saran agar pada tugas berikutnya dapat lebih baik lagi.
Akhirnya dengan segala keterbatasan yang ada, harapan penulis makalah ini dapat bermanfaat bagi para pendidik dalam membantu disetiap kegiatan belajar mengajar



Banjarmasin, 20 Februari2016           
                                                                                                     
                                                                                          Penyusun








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI ............................................................................................ 3
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang ..................................................................................... 4
1.2 Rumusan masalah ……….……………………………………..…..... 4
1.3 Tujuan permasalahan……………………………………………….... 4

BAB II Pembahasan
2.1 Hakikat Buku Teks............................................................................... 5
2.1.1 Hakikat buku teks menurut beberapa ahli................................... 5
2.2 Fungsi buku teks................................................................................... 7
2.2.1 Fungsi buku teks bagi guru.......................................................... 9
2.2.2 Fungsi buku teks bagi siswa........................................................ 11
2.2.3 Fungsi buku teks pelajaran.......................................................... 12
2.2.4 Manfaat/Kegunaan buku teks...................................................... 12
2.2.5 Fungsi dan peranan buku teks..................................................... 12
BAB III Penutup
Kesimpulan................................................................................................. 14
Saran........................................................................................................... 14
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 15






    BAB I
PENDAHULUAN

Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan di perlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai da serasi (Bacon,1935), ahli yang lain lagi mengutarakan bahwa buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pembelajaran (Buckingham,1958:1523).

Buku teks haruslah mencerminkan sudut pandang yang jelas, metode apa yang digunakan serta teknik-teknik pengajaran yang digunakan. Buku teks haruslah menarik, menantang, meransang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut. Buku teks sebagai pengisi bahan haruslah menampilkan sumber bahan mantap. Susunannya teratur, sistematis, jenisnya bervariasi, bahan yang terkandung dalam buku teks hendaknya tersusun rapi, disesuaikan dengan hakikat mata pelajaran, maka susunan itu sebenarnya dapat beraneka ragam.

Buku teks sebaiknya juga menyajikan bahan secara mendalam, ini berguna bagi penyelesaian tugas dan pelatihan yang dituntut dari siswa. tugas dan pelatihan ini pada gilirannya memperdalam pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa terhadap isi buku teks.

Buku teks ternyata berkaitan erat dengan kurikulum, lebih-lebih dengan garis-garis besar program pengajaran. Apalagi bila mata pelajaran itu mempunyai sub atau bagian yang dapat dianggap atau paling sedikit diperlakukan sebagai berdiri sendiri.

A.   Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut ;
·         Apa hakikat buku teks?
·         Apa fungsi buku teks?
B.   Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan pembuatan makalah ini yaitu;
·         Dapat menjelaskan hakikat buku teks.
·         Dapat menjelaskan apa saja fungsi buku teks bagi guru dan siswa



BAB II
PEMBAHASAN

2.1Hakikat Buku Teks
Buku teks adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksiberdasarkan tujuan tertentu, orientasi pembelajaran dan perkembangan siswa.
Ditinjau secara etimologi, buku teks merupakan bahasa serapan dari bahasa inggris yakni Textbook. Terjemahan langsung dari kata Textbook adalah buku tesk atau buku pelajaran.
2.1.1 Hakikat Buku Teks Menurut Beberapa Ahli
A.J Loveridge
Buku teks adalah bukusekolah yang memuat bahan yang telah diseleksi mengenai bidang tertentu dalam bentuk tertulis yang telah memenuhi syarat tertentu dalam kegiatan belajar mengajar, dan disusun secara sistematis untuk diasimilasikan.
Chambliss dan Calfee          
Menjelaskan lebih rinci, buku teks adalah alat bantu siswa untuk memahami dan belajar dari hal-hal dibaca dan untuk memahami dunia (diluar dirinya) .Buku teks memiliki kekuatan yang luar biasa besar terhadap perubahan otak siswa. Buku teks dapat memengaruhi pengetahuan anak dan nilai-nilai tertentu.
Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Menyebutkan bahwa buku teks atau buku pelajaran adalah sekumpulan tulisan yang dibuat secara sistematis berisi tentang suatu materi pelajaran tertentu, yang disiapkan oleh pengarangnya dengan menggunakan acuan kurikulum yang berlaku. Subtansi yang ada dalam buku diturunkan darikompetensi yang harus dikuasai oleh pembacanya.
Pusat Pembukuan
Menyimpulkan bahwa buku teks adalah buku yang dijadikan pegangan siswa pada jenjang tertentu sebagai media pembelajaran, berkaitan dengan bidang studi tertentu. Buku teks merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya.


Peraturan Menteri Pendidikan Nsional Nomer 11 Tahun 2005
Menjelaskan bahwa buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan kemampuan estetis, serta potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.
Hall-Quest (dalam Tarigan 1986:11).
Menurutnya, buku teks adalah rekaman pikiran rasial yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan instruksional.
Lange (dalam Tarigan 1986:11).
Menjelaskan bahwa buku teks adalah buku standar, buku setiap cabang khusus, dan buku studi. Buku teks dapat terdiri dari dua tipe, yaitu buku pokok/utama dan suplemen/tambahan.
Bacon (dalam Tarigan 1986:11).
Mengemukakan lebih terperinci bahwa buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan di kelas, disusun dengan cermat serta dipersiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang tersebut, dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.
Buckingham (dalam Tarigan 1986:11).
Mengatakan bahwa buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran dalam pengertian modern dan yang umum dipahami.
Saleem & Thomas (2011: 18).
Menyatakan buku teks adalah instrumen yang sangat berguna dalam proses belajar mengajar, bagaimana guru menerapkan isi buku teks dan interaksi siswa dengan buku, guru dan kelompok siswa membangun pengetahuan sesuai pada isi buku.
Cunningsworth dalam Roseni (2014: 417).
Menyatakan bahwa buku teks adalah sebuah sumber efektif untuk belajar sendiri secara langsung, sumber efektif untuk menyajikan isi oleh guru, sebuah sumber ide dan aktivitas, sebuah sumber referensi untuk siswa, sebuah silabus yang merefleksikan pembelajaran yang objektif dan membantu guru kurang berpengalaman yang masih belum percaya diri. Oleh karena itu, buku teks pelajaran menjadi seperangkat alat yang sangat kuat dalam proses pembelajaran.
Fernandes, (1984: 35).
Buku teks adalah sumber daya yang paling penting dari pengajaran dan pembelajaran. Dibangun dengan baik dan up to date buku teks sangat penting untuk meningkatkan kualitas prestasi.
Tarigan & Tarigan (2009: 13-14).
Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang ilmu itu buat maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.

2.2 Fungsi Buku Teks
1.      Sumber Ilmu pengetahuan
2.      Sarana pengembangan bahan dan program dalam kurikulum pendidikan
3.      Sarana pemelancar tugas akedemik guru
4.      Sarana pemelancar ketercapaian tujuan pembelajarn
5.      Sarana pemelancar efesiensi dan efektifitas kegiatan pembelajaran
6.       Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai pengajaran, serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan pengajaran yang disajikan.
7.      Menyajikan suatu sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi, sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa. Selain itu, juga berfungsi sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan untuk memperoleh keterampilan-keterampilan ekspresional di bawah kondisi yang menyerupai kehidupan sebenarnya.
8.       Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampilan-keterampilan ekspresional yang mengemban masalah pokok dalam komunikasi.
9.       Metode dan sarana penyajian bahan dalam buku teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya, harus menarik, menantang, merangsang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut.
10.   Menyajikan fiksasi (perasaan yang mendalam) awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas praktis.
11.  Di samping sebagai sumber bahan, buku teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty, dalam Tarigan 1986).                                          

2.2.1    Fungsi buku teks bagi guru
           Adalah sebagai pedoman untuk mengidentifikasi apa yang harus diajarkan atau dipelajari oleh siswa, mengetahui urutan penyajian bahan ajar, mengetahui teknik dan metode pengajaranya, memperoleh bahan ajar secara mudah, mdan menggunaknya sebagai alat pembelajaran siswa di dalam atau diluar sekolah (Krisanjaya 1997:85).

·         Fungsi Buku Teks Bahasa Indonesia Bagi Guru
Guru menduduki peran penting dalam proses belajar mengajar, meskipun peran penting tersebut bukanlah peran sentral, sebab paradigma pendidikan modern lebih menempatkan siswa sebagai sentral pembelajaran dari pada guru. Namun, meskipun demikian juga tidak bisa menafikkan peran seorang guru dalam proses belajar mengajar.
Di dalam proses belajar mengajar, setiap mata pelajaran yang diajarkan guru membutuhkan sejumlah buku teks sebagai pedoman dan pegangan. Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, terbagi menjadi beberapa sub materi pembelajaran seperti, kesastraan, kebahasaan maupun keterampilan masing-masing dari sub-sub materi tersebut membutuhkan paling tidak satu buku teks sebagai penunjang belajar siswa.
Dari uraian diatas dapat di ambil kesimpulan bahwa fungsi buku teks terutama buku teks Bahasa Indonesia bagi seorang guru adalah sebagai berikut :
a.  Sebagai salah satu sumber pokok bahan pengajaran (Greene dan Petty, 1971: 540 dalam Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 17).
b.  Sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 18).
c.   Penyedia aneka metode dan sarana pengajaran (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 19).
Dengan buku teks, program pembelajaran bisa dilaksanakan secara lebih teratur, sebab guru sebagai pelaksana pendidikan akan memperoleh pedoman materi yang jelas. selain mempunyai fungsi umum sebagai sosok buku, buku teks memupunyai fungsi sebagai:

(1) sarana pengembang bahan dan program dalam kurikulum pendidikan,
(2) sarana pemerlancar tugas akademik guru,
(3) sarana pemerlancar ketercapaian tujuan pembelajaran, dan
(4) sarana pemerlancar efisiensi dan efektivitas kegiatan pembelajaran.

Sementara itu, Hubert dan Harl menyoroti nilai lebih buku teks bagi guru sebagai berikut.
1.   Buku teks memuat persediaan materi bahan ajar yang memudahkan guru merencanakan jangkauan bahan ajar yang akan disajikannya pada satuan jadwal pengajaran (mingguan, bulanan, caturwulanan, semesteran).
2.   Buku teks memuat masalah-masalah terpenting dari satu bidang studi.
3.   Buku teks banyak memuat alat bantu pengajaran, misalnya gambar, skema, diagram, dan peta.
4.   Buku teks merupakan rekaman yang permanen yang memudahkan untuk mengadakan review di kemudian hari.
5.   Buku teks memuat bahan ajar yang seragam, yang dibutuhkan untuk kesamaan evaluasi, dan juga kelancaran diskusi.
6.   Buku teks memungkinkan siswa belajar di rumah.
7.    Buku teks memuat bahan ajar yang relatif telah tertata menurut sistem dan logika tertentu.
8.    Buku teks membebaskan guru dari kesibukan mencari bahan ajar sendiri sehingga sebagian waktunya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain.
Sebagai seorang guru, kita juga harus pandai dalam memilih buku teks yang baik. Geene dan Pety (dalam Tarigan, 1986: 21) menyodorkan sepuluh kategori yang harus dipenuhi buku teks yang berkualitas. Sepuluh kategori tersebut sebagai berikut.
1. Buku teks haruslah menarik minat siswa yang mempergunakannya.
2. Buku teks haruslah mampu memberikan motivasi kepada para siswa yang memakainya.
3. Buku teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik siswa yang memanfaatkannya.
4. Buku teks seyogyanya mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya.
5.  Isi buku teks haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaran lainnya, lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan terencana sehingga semuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.
6.   Buku teks haruslah dapat menstimuli, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi para siswa yang mempergunaknnya.
7.    Buku teks haruslah dengan sadar dan tegas menghindar dari konsep-konsep yang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak embuat bingung siswa yang memakainya.
8.    Buku teks haruslah mempunyai sudut pandang atau ”point of view” yang jelas dan tegas sehingga ada akhirnya juga menjadi sudut pandang para pemakainya yang setia.
9.    Buku teks haruslah mamu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa.
10.  Buku teks haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para pemakainya.
Schorling dan Batchelder (1956) memberikan empat ciri buku teks yang baik, yaitu :
(1) direkomendasikan oleh guru-guru yang berpengalaman sebagai buku teks yang baik,
(2) bahan ajarnya sesuai dengan tujuan pendidikan, kebutuhan siswa, dan kebutuhan masyarakat,
(3) cukup banyak memuat teks bacaan, bahan drill dan latihan/tugas, dan
(4) memuat ilustrasi yang membantu siswa belajar.

2.2.2    Fungsi buku teks bagi siswa
Adalah sebagi sarana kepastian tentang apa yang ia pelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa jauh ia telah menguasai materi pelajaran, alat belajar (di luar kelas buku teks berfungsi sebagai guru) di mana ia dapat menemukan petunjuk, teori, maupun konsep danbahan-bahan latihan atau evaluasi (Krisanjaya 1997:86).

·         Fungsi Buku Teks Bahasa Indonesia Bagi Siswa
Didalam belajar, siswa tidak selamanya melakukannya secara langsung bertatap muka dengan guru. Paradigma pendidikan modern menempatkan siswa sebagai komponen pendidikan yang aktif. Siswa dituntut untuk lebih mandiri, sehingga ia bisa mengembangkan pola belajarnya sendiri.
Selain dengan cara langsung, seorang siswa juga bisa menjalankan aktivitas belajarnya secara tidak langsung yakni dengan membaca. Bagi seorang pelajar atau mahasiswa salah satu buku yang sangat diperlukan ialah buku teks atau buku pelajaran. Buku teks berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran tertentu (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 20).
Bebrapa fungsi buku teks bagi siswa
a. Membantu mengadakan pemeriksaan atau pencekan terhadap materi yang pernah dipelajari.
b.  Memudahkan dalam pembuatan catatan-catatan materi (Buckingham, 1958: 1518 dalam Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 16).
c.  Menantang, merangsang, dan menunjang aktivitas dan kreativitas siswa (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986 : 18).
d.  Sebagai penyaji fiksasi awal bagi tugas dan latihan (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986 : 19).
e.  Sebagai sumber belajar yang teratur rapi dan bertahap (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986 : 19).
f.  Menunjang proses belajar.

2.2.3 Fungsi Buku Teks Pelajaran
  • Sebagai bahan referensi atau bahan rujukan oleh peserta didik
  • Sebagai bahan evaluasi
  • Sebagai alat bantu pendidik dalam melaksanakan kurikulum
  • Sebagai salah satu penentu metode atau teknik pengajaran yang akan digunakan pendidik
  • Sebagai sarana untuk peningkatan karir dan jabatan
2.2.4 Manfaat atau Kegunaan Buku Teks Pelajaran
  • Membantu peserta didik dalam melaksanakan kurikulum karena disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku
  • Menjadi pegangan guru dalam menentukan metode pengajaran
  • Memberi kesempatan bagi peserta didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari materi yang baru
  • Memberikan pengetahuan bagi peserta didik maupun pendidik
  • Menjadi penambah nilai angka kredit untuk mempermudah kenaikan pangkat dan golongan
  • Menjadi sumber penghasilan jika diterbitkan
2.2.5    Fungsi dan peranan buku teks

·         Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai penagjaran serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan pengajaran yang disajikan,
·         Menyajikan suatu sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa, sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan dimana keterampilan-keterampilan ekspresional diperoleh di bawah kondisi-kondisi yang menyerupai kehidupan yang sebenarnya,
·         Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampila-keterampilan ekspresional yang mengemban masalah pokok dalam komunikasi,
·         Metode da sarana penyajian bahan dalam buku teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya harus menarik, menantang, merangsang, bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut,
·         Menyajikan fiksasi (perasaan yang mendalam) awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas praktis,
·         Di samping sebagai sumber bahan buku teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty dalam Tarigan 1986)




















    BAB III
     PENUTUP
                                                         
Kesimpulan
      Buku teks adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, serta orientasi pembelajaran dan perkembangan siswa dan buku teks berfungsi sebagai penunjang pembelajaran agar mempermudah pendididk serta perserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.
Saran
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyarankan agar setiap siswa atau mahasiswa untuk memiliki buku teks sebagai buku pegangan.
Karena buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar untuk pembelajaran dikelas, sebagai penunjang pembelajaran dan mudah dipahami. Buku teks juga merupakan buku yang penting bagi siswa dan semua orang, oleh karena itu, kita harus menggunakan dan memanfaatkan buku teks.










DAFTAR PUSTAKA
Muslich, masnur. 2010. Teks book : Dasar-dasar  pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks.  Jogjakarta : AR-RUZZ Media groups.

Setiyono, den. “Hakekat buku teks “ 19 februari 2016. www.academia.edu/7316474/2._BAB_II_HAKEKAT_BUKU_TEKS

Sunarya, arif. “fungsi buku teks”. 19 februari 2016. http://arifsunarya.wordpress.com/2011/07/16/hakikat-dan-fungsi-telaah-buku-teks-bagi-guru/

41 komentar:

  1. NAMA SARIFUDIN
    NIM A1B114052
    KEL.1O
    Pertanyaan saya apa hal yang paling mendasar hingga adanya sebuah buku teks ?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nama : Nur Rahmah
    Nim :A1B114090
    KELOMPOK 7
    Assalamualaikum wr wb.
    Apakah dengan adanya buku teks, siswa dapat berperan menjadi aktif serta berkembang di dalam sebuah mata pelajaran(khususnya mapel bahasa indonesia)?jelaskan alasannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama M Ridho Pahlawan
      NIM A1B114077

      Untuk peran keaktifan siswa, buku teks hanya sedikit berperan dalam hal ini, sisa nya tergantung metode dan pendekatan yang digunakan oleh pendidik, apakah sesuai dan cocok atau malah sebaliknya, bila cocok maka buku teks hanya sebagai penunjang agar mengembangkan lagi pengetahuan siswa.

      Hapus
  5. Nama Rieska Ananda
    NIM A1B114095
    Saya akan menjawab pertanyaan dari Sarifudin,menurut saya salah satunya karena terjadi kesulitan pada siswa saat menjawab soal-soal pada LKS (lembar kerja siswa), buku teks dapat mendampingi siswa saat mengerjakan soal-soal sehingga siswa dapat dengan mudah menjawab soal-soal.

    BalasHapus
  6. ralat saya dari kelompok 7, hehe

    BalasHapus
  7. Nama : Dewi Herliani
    Nim : A1B114068
    Kelompok : 6
    Pertanyaan saya, apakah buku teks bisa menentukan kualitas pendidikan, berikan alasan kalian !

    BalasHapus
  8. Nama: Ayu Nia Maulita
    Nim : A1B114008

    saya akan menjawab pertannyaan dari saudari Dewi Herliani, menurut saya buku teks bisa menentukan kualitas pendidikan, karena di dalam buku teks pun terdapat kualitas buku teks itu sendiri, misalnya apabila buku teks yang kita gunakan sangat berkaitan erat dengan kurikulum yang berlaku, akan mampu mempengaruhi kualitas pendidikan sebab buku teks yang menunjang kurikulum akan menciptakan kualitas pendidikan yang lebih baik dan lebih maju.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Nama: Diana
    Nim: A1B114069
    Kelompok: 5
    Mengapa Buku teks harus mencerminkan sudut pandang yang jelas?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena buku teks sangat berpengaruh pada saat pembelajaran, apabila buku teks tersebut kurang jelas atau kurang menyangkut dengan materi yang akan disampaikan maka akan mempengaruhi proses belajar siswa

      Hapus
  11. Nama mahmuda
    Nim A1B114074
    Dari kelompok 2
    Yang saya ingin tanyakan , mengapa buku teks dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran ? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Rieska Ananda
      NIM: A1B114095
      Saya akan menjawab pertanyaan dari Mahmuda, karena fungsi buku teks bagi siswa adalah sebagai sarana kepastian tentang apa yang dipelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa jauh ia menguasai materi pelajaran, sebagai alat belajar (di luar kelas buku teks berfungsi sebagai guru) untuk dapat menemukan petunjuk, teori, konsep, dan bahan-bahan latihan, itulah yang menjadikan buku teks sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran.

      Hapus
    2. Nama : super sumanto silitonga
      Nim : A1B114059

      Saya akan menambahkan jawaban dari riska ananda.
      (a) Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai pengajaran, serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan pengajaran yang disajikan. (b) Menyajikan suatu sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi, sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa. Selain itu, juga berfungsi sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan untuk memperoleh keterampilan-keterampilan ekspresional di bawah kondisi yang menyerupai kehidupan sebenarnya. (c) Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampilan-keterampilan ekspresional yang mengemban masalah pokok dalam komunikasi. (d) Metode dan sarana penyajian bahan dalam buku teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya, harus menarik, menantang, merangsang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut. (e) Menyajikan fiksasi (perasaan yang mendalam) awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas praktis. (f) Di samping sebagai sumber bahan, buku teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty, dalam Tarigan 1986).

      Hapus
  12. Nama : Nurbaiti
    Nim : A1B114091
    Kelompok : 2
    Pada penjelasan di atas kelompok 1 sdh menerangkan berbagai pengertian tentang buku teks. Namun, ada salah satu yang saya kurang pahami, "Buku teks haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa." Nah pemantapan dan penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa disini maksudnya seperti apa? Tolong berikan penjelasannya lebih jelas !

    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : super sumanto silitonga
      Nim : A1B114059

      Pemantapan dan penekanan pada nilai-nilai disini terutama pada anak-anak yaitu pelajaran dalam kelas sangat bergantung pada buku teks, buku teks bertugas sebagai dasar untuk belajar sistematis, untuk memperteguh, mengulang, dan untuk mengukuti pelajaran lanjutan. Bagi orang dewasa pun buku teks mempunyai peran tersendiri. Dengan buku teks orang dewasa bisa memberikan arahan kepada anaknya apabila yang bersngkutan kurang memahami materi yang sudah diajarkan disekolah.

      Hapus
  13. Nama : Dita Aprillia
    Nim : A1B114012
    Kelompok 4

    Pertanyaan saya mengapa buku teks harus memuat ilustrasi bagi siswa. Kalau tidak menggunakan bagaimna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tidak digunakan tidak akan terjalin proses pembelajaran

      Hapus
    2. Karena dengan menggunakan buku teks adalah salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang banyak digunakan dalam pembelajaran, buku teks memang merupakan bahan ajar sekaligus sumber belajar bagi siswa yang konvensional. Apabila tidak menggunakan buku teks wawasan belajar akan berkurang dan pengetahuan pun tidk terlalu banyak

      Hapus
    3. Menambahkan, bila buku teks tidak memuat ilustrasi maka akan menyulitkan siswa untuk mempelajari suatu teori. Ini bisa diatasi dengan menambahkan referensi dari buku teks lain dan menggunakan kreatifitas dari pengajar.

      Hapus
  14. Nama: Hayatun Nufus
    NIM: A1B114073
    Kelompok: 6
    Bagaimana dengan sekolah yang berada di Daerah terpencil yang memiki keterbatasan bahan ajar seperti buku teks, apa pengaruhnya terhadap pembelajaran siswa?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya itu sangat berpengaruh sekali pada proses pembelajaran, karena dengan terbatasnya bahan ajar seperti buku teks, akan mempengaruhi ilmu pengetahuan mereka, kurangnya wawasan mereka,serta ketinggalan materi yang akan diajarkan

      Hapus
  15. Nama : Niken Indah Wardani
    NIM : A1B114085
    Kelompok :3
    Bagaimana pendapat anda mengenai beberapa buku teks pelajaran sekarang yang memuat unsur pornografi dan SARA ? serta Apabila saat anda mengajar dan di hadapkan dengan buku semacam itu apa yang akan anda jelaskan kepada murid-murid anda? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya buku seperti itu akan mempengaruhi pola pikir siswa, sebaiknya buku teks tersebut tidak digunakan saat proses pembelajaran dan apabila diharapkan memakai buku tersebut menurut saya, saya tidak akan menjelaskan kepada para siswa, lebih baik saya tidak menggunakan buku tersebut dari pada akan merusak moral dan pola pikir para siswa

      Hapus
  16. Nama: Mariana
    Nim: A1B114075
    Kelompok: 3
    Misalkan kalian adalah seorang guru, bagaimana kalian meyakinkan murid bahwa buku teks itu berperan penting untuk menunjang pembelajaran di era modern seperti sekarang ini yg murid-muridnya kebanyakan lebih menyukai media internet yang praktis, menyenangkan, dan murah dari pada buku teks atau buku pelajaran?

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Nama : Muhammad Ikhsan Ramadani
      Nim : A1B114081

      Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Mariana, menurut saya guru lebih berperan waktu di kelas dan lebih berkuasa untuk meyakinkan siswa bahwa buku teks itu sangat berperan saat pembalajaran untuk menunjang keberhasilan pembelajaran,
      meskipun di era modern ini sangat banyak murid mumenggunakan media internet yang praktis dam mudah.

      Hapus
    3. Nama : Rieska Ananda
      NIM : A1B114095
      Saya akan menjawab pertanyaan dari Mariana, saya akan menyampaikan kepada murid-murid saya tentang kelebihan-kelebihan buku teks agar minat mereka untuk belajar melalui buku lebih tinggi, contohnya kita dapat melakukan pembelajaran dengan buku teks tanpa harus ketergantungan dengan energi listrik ini merupakan salah satu kelebihan buku teks yang tidak bisa kita dapatkan saat melakukan pembelajaran melalui media internet yang pengunaanya bergantung dengan energi listrik.

      Hapus
    4. Terimakasih atas jawabannya

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama: Hilda Saraswati
    NIM : A1B114023
    Kelompok : 2
    Apa Kekurangan dari buku teks tersebut? dan bagaimana jika buku teks ini tidak berfungsi dengan baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Muhammad Ikhsan Ramadani
      Nim : A1B114081

      Menurut saya kekurangan dari buku teks tersebut dibatasinya kurikulum, harus menguasai bahasa indonesia baku, persaingan yang ketat, dan keterbatasannya penerbit.

      Hapus
    2. Menambahkan jawaban dari Ikhsan, apabila buku teks tidak berfungsi dengan baik maka ada baiknya menggunakan buku-buku teks lainnya yang lebih berkualitas dan banyak dipakai oleh sekolah-sekolah lain.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama : super sumanto silitonga
    Nim: A1B114059

    Jika buku teks tidak berfungsi dengan baik maka tidak akan layak dipake, buku teks juga memiliki aspek-aspek yang harus berfungsi dengan baik yaitu : isi atau materi pelajaran, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan, format buku atau grafika.

    BalasHapus
  21. Nama : muhammad nasar helmi
    nim : A1B114035
    Kelompok 5
    saya ingin bertanya menurut kalian apakah penting fungsi buku teks bagi para guru untuk meberikan bahan ajaran bagi murid , jika penting berikan alasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : super sumanto silitonga
      Nim : A1B114059

      Sangat penting sekali,
      a. Sebagai salah satu sumber pokok bahan pengajaran (Greene dan Petty, 1971: 540 dalam Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 17).
      b. Sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 18).
      c. Penyedia aneka metode dan sarana pengajaran (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 19).
      Dengan buku teks, program pembelajaran bisa dilaksanakan secara lebih teratur, sebab guru sebagai pelaksana pendidikan akan memperoleh pedoman materi yang jelas.

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus