TUGAS KELOMPOK 1
MENULIS BUKU TEKS
“HAKIKAT DAN FUNGSI BUKU TEKS”
Dosen pembimbing Prof. Dr.
Jumadi, M.Pd/ Nurcahaya, M.Pd

Disusun oleh :
Ayu Nia Maulita A1B114008
Rieska Ananda A1B114095
M. Ridho Pahlawan A1B114077
Norhidayatullah A1B114089
Siti Fatimah A1B114098
Super Sumanto Silitonga A1B114059
M. Ikhsan Ramadhani A1B114081
PROGRAM
STUDI PEND. BAHASA SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2016
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT
atas rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas
makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Menulis Buku Teks 1. Adapun makalah ini berjudul ”Hakikat
dan Fungsi Buku Teks” Secara khusus,
kami menyampaikan ucapan terima kasih
kepada Bapa/Ibu selaku
dosen pengasuh dalam mata kuliah Menulis
Buku Teks.
Kami
menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena
itu, kami senantiasa mengharapkan masukan, kritik dan saran agar pada tugas berikutnya
dapat lebih baik lagi.
Akhirnya
dengan segala keterbatasan yang ada, harapan penulis makalah ini dapat
bermanfaat bagi para pendidik dalam membantu disetiap kegiatan belajar mengajar
Banjarmasin, 20
Februari2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI ............................................................................................ 3
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang ..................................................................................... 4
1.2 Rumusan masalah ……….……………………………………..…..... 4
1.3 Tujuan permasalahan……………………………………………….... 4
1.2 Rumusan masalah ……….……………………………………..…..... 4
1.3 Tujuan permasalahan……………………………………………….... 4
BAB
II Pembahasan
2.1
Hakikat Buku Teks............................................................................... 5
2.1.1 Hakikat buku teks menurut beberapa ahli................................... 5
2.1.1 Hakikat buku teks menurut beberapa ahli................................... 5
2.2
Fungsi buku teks................................................................................... 7
2.2.1 Fungsi buku teks bagi guru.......................................................... 9
2.2.2 Fungsi buku teks bagi siswa........................................................ 11
2.2.3 Fungsi buku teks pelajaran.......................................................... 12
2.2.4 Manfaat/Kegunaan buku teks...................................................... 12
2.2.5 Fungsi dan peranan buku teks..................................................... 12
2.2.1 Fungsi buku teks bagi guru.......................................................... 9
2.2.2 Fungsi buku teks bagi siswa........................................................ 11
2.2.3 Fungsi buku teks pelajaran.......................................................... 12
2.2.4 Manfaat/Kegunaan buku teks...................................................... 12
2.2.5 Fungsi dan peranan buku teks..................................................... 12
BAB
III Penutup
Kesimpulan................................................................................................. 14
Saran........................................................................................................... 14
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................ 15
BAB
I
PENDAHULUAN
Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan
cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu
dan di perlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai da serasi
(Bacon,1935), ahli yang lain lagi mengutarakan bahwa buku teks adalah sarana belajar
yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang
suatu program pembelajaran (Buckingham,1958:1523).
Buku teks haruslah mencerminkan sudut pandang yang jelas, metode apa yang
digunakan serta teknik-teknik pengajaran yang digunakan. Buku teks haruslah
menarik, menantang, meransang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar
termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut. Buku teks sebagai pengisi
bahan haruslah menampilkan sumber bahan mantap. Susunannya teratur, sistematis,
jenisnya bervariasi, bahan yang terkandung dalam buku teks hendaknya tersusun
rapi, disesuaikan dengan hakikat mata pelajaran, maka susunan itu sebenarnya
dapat beraneka ragam.
Buku teks sebaiknya juga menyajikan bahan secara mendalam, ini berguna bagi
penyelesaian tugas dan pelatihan yang dituntut dari siswa. tugas dan pelatihan
ini pada gilirannya memperdalam pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa
terhadap isi buku teks.
Buku teks ternyata berkaitan erat dengan kurikulum, lebih-lebih dengan
garis-garis besar program pengajaran. Apalagi bila mata pelajaran itu mempunyai
sub atau bagian yang dapat dianggap atau paling sedikit diperlakukan sebagai
berdiri sendiri.
A.
Rumusan
Masalah
Dari latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah
sebagai berikut ;
·
Apa hakikat buku teks?
·
Apa fungsi buku teks?
B.
Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan pembuatan
makalah ini yaitu;
·
Dapat menjelaskan hakikat buku teks.
·
Dapat menjelaskan apa saja fungsi buku
teks bagi guru dan siswa
BAB II
PEMBAHASAN
2.1Hakikat
Buku Teks
Buku
teks adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang
studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksiberdasarkan
tujuan tertentu, orientasi pembelajaran dan perkembangan siswa.
Ditinjau
secara etimologi, buku teks merupakan bahasa serapan dari bahasa inggris yakni
Textbook. Terjemahan langsung dari kata Textbook adalah buku tesk atau buku
pelajaran.
2.1.1
Hakikat Buku Teks Menurut Beberapa Ahli
A.J
Loveridge
Buku
teks adalah bukusekolah yang memuat bahan yang telah diseleksi mengenai bidang
tertentu dalam bentuk tertulis yang telah memenuhi syarat tertentu dalam
kegiatan belajar mengajar, dan disusun secara sistematis untuk diasimilasikan.
Chambliss
dan Calfee
Menjelaskan
lebih rinci, buku teks adalah alat bantu siswa untuk memahami dan belajar dari
hal-hal dibaca dan untuk memahami dunia (diluar dirinya) .Buku teks memiliki
kekuatan yang luar biasa besar terhadap perubahan otak siswa. Buku teks dapat
memengaruhi pengetahuan anak dan nilai-nilai tertentu.
Direktorat
Pendidikan Menengah Umum
Menyebutkan
bahwa buku teks atau buku pelajaran adalah sekumpulan tulisan yang dibuat
secara sistematis berisi tentang suatu materi pelajaran tertentu, yang
disiapkan oleh pengarangnya dengan menggunakan acuan kurikulum yang berlaku.
Subtansi yang ada dalam buku diturunkan darikompetensi yang harus dikuasai oleh
pembacanya.
Pusat
Pembukuan
Menyimpulkan
bahwa buku teks adalah buku yang dijadikan pegangan siswa pada jenjang tertentu
sebagai media pembelajaran, berkaitan dengan bidang studi tertentu. Buku teks
merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya.
Peraturan
Menteri Pendidikan Nsional Nomer 11 Tahun 2005
Menjelaskan
bahwa buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat
materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi
pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,
kepekaan dan kemampuan estetis, serta potensi fisik dan kesehatan yang disusun
berdasarkan standar nasional pendidikan.
Hall-Quest (dalam Tarigan 1986:11).
Menurutnya, buku
teks adalah rekaman pikiran rasial yang disusun untuk maksud-maksud dan
tujuan-tujuan instruksional.
Lange (dalam Tarigan 1986:11).
Menjelaskan
bahwa buku teks adalah buku standar, buku setiap cabang khusus, dan buku studi.
Buku teks dapat terdiri dari dua tipe, yaitu buku pokok/utama dan
suplemen/tambahan.
Bacon (dalam Tarigan 1986:11).
Mengemukakan
lebih terperinci bahwa buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan di
kelas, disusun dengan cermat serta dipersiapkan oleh para pakar atau para ahli
dalam bidang tersebut, dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang
sesuai dan serasi.
Buckingham (dalam Tarigan 1986:11).
Mengatakan bahwa
buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di
perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran dalam pengertian
modern dan yang umum dipahami.
Saleem
& Thomas (2011: 18).
Menyatakan
buku teks adalah instrumen yang sangat berguna dalam proses belajar mengajar,
bagaimana guru menerapkan isi buku teks dan interaksi siswa dengan buku, guru
dan kelompok siswa membangun pengetahuan sesuai pada isi buku.
Cunningsworth
dalam Roseni (2014: 417).
Menyatakan
bahwa buku teks adalah sebuah sumber efektif untuk belajar sendiri secara
langsung, sumber efektif untuk menyajikan isi oleh guru, sebuah sumber ide dan
aktivitas, sebuah sumber referensi untuk siswa, sebuah silabus yang
merefleksikan pembelajaran yang objektif dan membantu guru kurang berpengalaman
yang masih belum percaya diri. Oleh karena itu, buku teks pelajaran menjadi
seperangkat alat yang sangat kuat dalam proses pembelajaran.
Fernandes,
(1984: 35).
Buku
teks adalah sumber daya yang paling penting dari pengajaran dan pembelajaran.
Dibangun dengan baik dan up to date buku teks sangat penting untuk meningkatkan
kualitas prestasi.
Tarigan
& Tarigan (2009: 13-14).
Buku
teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu yang merupakan buku
standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang ilmu itu buat maksud-maksud
dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran
yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan
perguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.
2.2
Fungsi Buku Teks
1. Sumber
Ilmu pengetahuan
2. Sarana
pengembangan bahan dan program dalam kurikulum pendidikan
3. Sarana
pemelancar tugas akedemik guru
4. Sarana
pemelancar ketercapaian tujuan pembelajarn
5. Sarana
pemelancar efesiensi dan efektifitas kegiatan pembelajaran
6. Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh
dan modern mengenai pengajaran, serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan
pengajaran yang disajikan.
7. Menyajikan
suatu sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi, sesuai
dengan minat dan kebutuhan para siswa. Selain itu, juga berfungsi sebagai dasar
bagi program-program kegiatan yang disarankan untuk memperoleh
keterampilan-keterampilan ekspresional di bawah kondisi yang menyerupai
kehidupan sebenarnya.
8. Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi
dan bertahap mengenai keterampilan-keterampilan ekspresional yang mengemban
masalah pokok dalam komunikasi.
9. Metode dan sarana penyajian bahan dalam buku
teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya, harus menarik, menantang,
merangsang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk
mempelajari buku teks tersebut.
10. Menyajikan fiksasi (perasaan yang mendalam)
awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas
praktis.
11. Di samping
sebagai sumber bahan, buku teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi
dan pengajaran remidial yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty, dalam
Tarigan 1986).
2.2.1 Fungsi buku
teks bagi guru
Adalah
sebagai pedoman untuk mengidentifikasi apa yang harus diajarkan atau dipelajari
oleh siswa, mengetahui urutan penyajian bahan ajar, mengetahui teknik dan
metode pengajaranya, memperoleh bahan ajar secara mudah, mdan menggunaknya
sebagai alat pembelajaran siswa di dalam atau diluar sekolah (Krisanjaya
1997:85).
·
Fungsi Buku Teks Bahasa Indonesia
Bagi Guru
Guru menduduki
peran penting dalam proses belajar mengajar, meskipun peran penting tersebut
bukanlah peran sentral, sebab paradigma pendidikan modern lebih menempatkan
siswa sebagai sentral pembelajaran dari pada guru. Namun, meskipun demikian
juga tidak bisa menafikkan peran seorang guru dalam proses belajar mengajar.
Di dalam
proses belajar mengajar, setiap mata pelajaran yang diajarkan guru membutuhkan
sejumlah buku teks sebagai pedoman dan pegangan. Dalam mata pelajaran bahasa
Indonesia, terbagi menjadi beberapa sub materi pembelajaran seperti,
kesastraan, kebahasaan maupun keterampilan masing-masing dari sub-sub materi
tersebut membutuhkan paling tidak satu buku teks sebagai penunjang belajar
siswa.
Dari uraian
diatas dapat di ambil kesimpulan bahwa fungsi buku teks terutama buku teks
Bahasa Indonesia bagi seorang guru adalah sebagai berikut :
a. Sebagai salah satu sumber pokok bahan
pengajaran (Greene dan Petty, 1971: 540 dalam Guntur Tarigan dan Djago Tarigan,
1986: 17).
b. Sebagai sumber atau alat evaluasi dan
pengajaran remidial (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 18).
c. Penyedia aneka metode dan sarana pengajaran
(Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 19).
Dengan buku teks, program pembelajaran bisa
dilaksanakan secara lebih teratur, sebab guru sebagai pelaksana pendidikan akan
memperoleh pedoman materi yang jelas. selain mempunyai fungsi umum sebagai
sosok buku, buku teks memupunyai fungsi sebagai:
(1) sarana pengembang bahan dan program dalam
kurikulum pendidikan,
(2) sarana pemerlancar tugas akademik guru,
(3) sarana pemerlancar ketercapaian tujuan
pembelajaran, dan
(4) sarana pemerlancar efisiensi dan efektivitas
kegiatan pembelajaran.
Sementara itu, Hubert dan Harl menyoroti nilai lebih
buku teks bagi guru sebagai berikut.
1.
Buku teks memuat persediaan materi bahan ajar yang memudahkan guru merencanakan
jangkauan bahan ajar yang akan disajikannya pada satuan jadwal pengajaran
(mingguan, bulanan, caturwulanan, semesteran).
2.
Buku teks memuat masalah-masalah terpenting dari satu bidang studi.
3.
Buku teks banyak memuat alat bantu pengajaran, misalnya gambar, skema, diagram,
dan peta.
4.
Buku teks merupakan rekaman yang permanen yang memudahkan untuk mengadakan
review di kemudian hari.
5.
Buku teks memuat bahan ajar yang seragam, yang dibutuhkan untuk kesamaan
evaluasi, dan juga kelancaran diskusi.
6. Buku
teks memungkinkan siswa belajar di rumah.
7.
Buku teks memuat bahan ajar yang relatif telah tertata menurut sistem dan
logika tertentu.
8.
Buku teks membebaskan guru dari kesibukan mencari bahan ajar sendiri sehingga
sebagian waktunya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain.
Sebagai seorang guru, kita juga harus pandai dalam
memilih buku teks yang baik. Geene dan Pety (dalam Tarigan, 1986: 21)
menyodorkan sepuluh kategori yang harus dipenuhi buku teks yang berkualitas.
Sepuluh kategori tersebut sebagai berikut.
1.
Buku teks haruslah menarik minat siswa yang mempergunakannya.
2.
Buku teks haruslah mampu memberikan motivasi kepada para siswa yang memakainya.
3. Buku
teks haruslah memuat ilustrasi yang menarik siswa yang memanfaatkannya.
4. Buku
teks seyogyanya mempertimbangkan aspek-aspek linguistik sehingga sesuai dengan
kemampuan para siswa yang memakainya.
5. Isi
buku teks haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaran lainnya, lebih
baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan terencana sehingga semuanya merupakan
suatu kebulatan yang utuh dan terpadu.
6.
Buku teks haruslah dapat menstimuli, merangsang aktivitas-aktivitas pribadi
para siswa yang mempergunaknnya.
7.
Buku teks haruslah dengan sadar dan tegas menghindar dari konsep-konsep yang
samar-samar dan tidak biasa, agar tidak embuat bingung siswa yang memakainya.
8.
Buku teks haruslah mempunyai sudut pandang atau ”point of view” yang jelas dan
tegas sehingga ada akhirnya juga menjadi sudut pandang para pemakainya yang
setia.
9.
Buku teks haruslah mamu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan
orang dewasa.
10.
Buku teks haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para
pemakainya.
Schorling dan Batchelder (1956) memberikan empat
ciri buku teks yang baik, yaitu :
(1) direkomendasikan oleh guru-guru yang
berpengalaman sebagai buku teks yang baik,
(2) bahan ajarnya sesuai dengan tujuan pendidikan,
kebutuhan siswa, dan kebutuhan masyarakat,
(3) cukup banyak memuat teks bacaan, bahan drill dan
latihan/tugas, dan
(4) memuat ilustrasi yang membantu siswa belajar.
2.2.2 Fungsi buku
teks bagi siswa
Adalah sebagi sarana kepastian
tentang apa yang ia pelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan
seberapa jauh ia telah menguasai materi pelajaran, alat belajar (di luar kelas
buku teks berfungsi sebagai guru) di mana ia dapat menemukan petunjuk, teori,
maupun konsep danbahan-bahan latihan atau evaluasi (Krisanjaya 1997:86).
·
Fungsi
Buku Teks Bahasa Indonesia Bagi Siswa
Didalam
belajar, siswa tidak selamanya melakukannya secara langsung bertatap muka
dengan guru. Paradigma pendidikan modern menempatkan siswa sebagai komponen
pendidikan yang aktif. Siswa dituntut untuk lebih mandiri, sehingga ia bisa
mengembangkan pola belajarnya sendiri.
Selain
dengan cara langsung, seorang siswa juga bisa menjalankan aktivitas belajarnya
secara tidak langsung yakni dengan membaca. Bagi seorang pelajar atau mahasiswa
salah satu buku yang sangat diperlukan ialah buku teks atau buku pelajaran.
Buku teks berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar dalam mata
pelajaran tertentu (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 20).
Bebrapa fungsi buku teks bagi siswa
a. Membantu
mengadakan pemeriksaan atau pencekan terhadap materi yang pernah dipelajari.
b. Memudahkan
dalam pembuatan catatan-catatan materi (Buckingham, 1958: 1518 dalam Guntur
Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 16).
c. Menantang,
merangsang, dan menunjang aktivitas dan kreativitas siswa (Guntur Tarigan dan
Djago Tarigan, 1986 : 18).
d. Sebagai
penyaji fiksasi awal bagi tugas dan latihan (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan,
1986 : 19).
e. Sebagai
sumber belajar yang teratur rapi dan bertahap (Guntur Tarigan dan Djago
Tarigan, 1986 : 19).
f. Menunjang
proses belajar.
2.2.3 Fungsi Buku Teks Pelajaran
- Sebagai
bahan referensi atau bahan rujukan oleh peserta didik
- Sebagai
bahan evaluasi
- Sebagai
alat bantu pendidik dalam melaksanakan kurikulum
- Sebagai
salah satu penentu metode atau teknik pengajaran yang akan digunakan
pendidik
- Sebagai
sarana untuk peningkatan karir dan jabatan
2.2.4 Manfaat atau Kegunaan Buku Teks Pelajaran
- Membantu
peserta didik dalam melaksanakan kurikulum karena disusun berdasarkan
kurikulum yang berlaku
- Menjadi
pegangan guru dalam menentukan metode pengajaran
- Memberi
kesempatan bagi peserta didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari
materi yang baru
- Memberikan
pengetahuan bagi peserta didik maupun pendidik
- Menjadi
penambah nilai angka kredit untuk mempermudah kenaikan pangkat dan
golongan
- Menjadi
sumber penghasilan jika diterbitkan
2.2.5 Fungsi dan
peranan buku teks
·
Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan
modern mengenai penagjaran serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan pengajaran
yang disajikan,
·
Menyajikan suatu sumber pokok masalah yang kaya, mudah
dibaca dan bervariasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa,
sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan dimana
keterampilan-keterampilan ekspresional diperoleh di bawah kondisi-kondisi yang
menyerupai kehidupan yang sebenarnya,
·
Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan
bertahap mengenai keterampila-keterampilan ekspresional yang mengemban masalah
pokok dalam komunikasi,
·
Metode da sarana penyajian bahan dalam buku teks harus
memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya harus menarik, menantang, merangsang,
bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks
tersebut,
·
Menyajikan fiksasi (perasaan yang mendalam) awal yang
perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas praktis,
·
Di samping sebagai sumber bahan buku teks juga
berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial yang serasi
dan tepat guna (Green dan Petty dalam Tarigan 1986)
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Buku teks adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, serta orientasi pembelajaran dan perkembangan siswa dan buku teks berfungsi sebagai penunjang pembelajaran agar mempermudah pendididk serta perserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.
Buku teks adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, serta orientasi pembelajaran dan perkembangan siswa dan buku teks berfungsi sebagai penunjang pembelajaran agar mempermudah pendididk serta perserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.
Saran
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyarankan agar
setiap siswa atau mahasiswa untuk memiliki buku teks sebagai buku pegangan.
Karena buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang
studi tertentu, yang merupakan buku standar untuk pembelajaran dikelas, sebagai
penunjang pembelajaran dan mudah dipahami. Buku teks juga merupakan buku yang
penting bagi siswa dan semua orang, oleh karena itu, kita harus menggunakan dan
memanfaatkan buku teks.
DAFTAR
PUSTAKA
Muslich,
masnur. 2010. Teks book : Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jogjakarta : AR-RUZZ Media groups.
Setiyono, den. “Hakekat
buku teks “ 19 februari 2016. www.academia.edu/7316474/2._BAB_II_HAKEKAT_BUKU_TEKS
Sunarya,
arif. “fungsi buku teks”. 19 februari
2016. http://arifsunarya.wordpress.com/2011/07/16/hakikat-dan-fungsi-telaah-buku-teks-bagi-guru/
NAMA SARIFUDIN
BalasHapusNIM A1B114052
KEL.1O
Pertanyaan saya apa hal yang paling mendasar hingga adanya sebuah buku teks ?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Nur Rahmah
BalasHapusNim :A1B114090
KELOMPOK 7
Assalamualaikum wr wb.
Apakah dengan adanya buku teks, siswa dapat berperan menjadi aktif serta berkembang di dalam sebuah mata pelajaran(khususnya mapel bahasa indonesia)?jelaskan alasannya!
Nama M Ridho Pahlawan
HapusNIM A1B114077
Untuk peran keaktifan siswa, buku teks hanya sedikit berperan dalam hal ini, sisa nya tergantung metode dan pendekatan yang digunakan oleh pendidik, apakah sesuai dan cocok atau malah sebaliknya, bila cocok maka buku teks hanya sebagai penunjang agar mengembangkan lagi pengetahuan siswa.
Nama Rieska Ananda
BalasHapusNIM A1B114095
Saya akan menjawab pertanyaan dari Sarifudin,menurut saya salah satunya karena terjadi kesulitan pada siswa saat menjawab soal-soal pada LKS (lembar kerja siswa), buku teks dapat mendampingi siswa saat mengerjakan soal-soal sehingga siswa dapat dengan mudah menjawab soal-soal.
ralat saya dari kelompok 7, hehe
BalasHapusNama : Dewi Herliani
BalasHapusNim : A1B114068
Kelompok : 6
Pertanyaan saya, apakah buku teks bisa menentukan kualitas pendidikan, berikan alasan kalian !
Nama: Ayu Nia Maulita
BalasHapusNim : A1B114008
saya akan menjawab pertannyaan dari saudari Dewi Herliani, menurut saya buku teks bisa menentukan kualitas pendidikan, karena di dalam buku teks pun terdapat kualitas buku teks itu sendiri, misalnya apabila buku teks yang kita gunakan sangat berkaitan erat dengan kurikulum yang berlaku, akan mampu mempengaruhi kualitas pendidikan sebab buku teks yang menunjang kurikulum akan menciptakan kualitas pendidikan yang lebih baik dan lebih maju.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama: Diana
BalasHapusNim: A1B114069
Kelompok: 5
Mengapa Buku teks harus mencerminkan sudut pandang yang jelas?
Terimakasih
karena buku teks sangat berpengaruh pada saat pembelajaran, apabila buku teks tersebut kurang jelas atau kurang menyangkut dengan materi yang akan disampaikan maka akan mempengaruhi proses belajar siswa
HapusNama mahmuda
BalasHapusNim A1B114074
Dari kelompok 2
Yang saya ingin tanyakan , mengapa buku teks dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran ? Trimakasih
Nama: Rieska Ananda
HapusNIM: A1B114095
Saya akan menjawab pertanyaan dari Mahmuda, karena fungsi buku teks bagi siswa adalah sebagai sarana kepastian tentang apa yang dipelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa jauh ia menguasai materi pelajaran, sebagai alat belajar (di luar kelas buku teks berfungsi sebagai guru) untuk dapat menemukan petunjuk, teori, konsep, dan bahan-bahan latihan, itulah yang menjadikan buku teks sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran.
Nama : super sumanto silitonga
HapusNim : A1B114059
Saya akan menambahkan jawaban dari riska ananda.
(a) Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai pengajaran, serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan pengajaran yang disajikan. (b) Menyajikan suatu sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi, sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa. Selain itu, juga berfungsi sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan untuk memperoleh keterampilan-keterampilan ekspresional di bawah kondisi yang menyerupai kehidupan sebenarnya. (c) Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampilan-keterampilan ekspresional yang mengemban masalah pokok dalam komunikasi. (d) Metode dan sarana penyajian bahan dalam buku teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya, harus menarik, menantang, merangsang, dan bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut. (e) Menyajikan fiksasi (perasaan yang mendalam) awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas praktis. (f) Di samping sebagai sumber bahan, buku teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty, dalam Tarigan 1986).
Nama : Nurbaiti
BalasHapusNim : A1B114091
Kelompok : 2
Pada penjelasan di atas kelompok 1 sdh menerangkan berbagai pengertian tentang buku teks. Namun, ada salah satu yang saya kurang pahami, "Buku teks haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa." Nah pemantapan dan penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa disini maksudnya seperti apa? Tolong berikan penjelasannya lebih jelas !
Terima kasih :)
Nama : super sumanto silitonga
HapusNim : A1B114059
Pemantapan dan penekanan pada nilai-nilai disini terutama pada anak-anak yaitu pelajaran dalam kelas sangat bergantung pada buku teks, buku teks bertugas sebagai dasar untuk belajar sistematis, untuk memperteguh, mengulang, dan untuk mengukuti pelajaran lanjutan. Bagi orang dewasa pun buku teks mempunyai peran tersendiri. Dengan buku teks orang dewasa bisa memberikan arahan kepada anaknya apabila yang bersngkutan kurang memahami materi yang sudah diajarkan disekolah.
Nama : Dita Aprillia
BalasHapusNim : A1B114012
Kelompok 4
Pertanyaan saya mengapa buku teks harus memuat ilustrasi bagi siswa. Kalau tidak menggunakan bagaimna ?
kalo tidak digunakan tidak akan terjalin proses pembelajaran
HapusKarena dengan menggunakan buku teks adalah salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang banyak digunakan dalam pembelajaran, buku teks memang merupakan bahan ajar sekaligus sumber belajar bagi siswa yang konvensional. Apabila tidak menggunakan buku teks wawasan belajar akan berkurang dan pengetahuan pun tidk terlalu banyak
HapusMenambahkan, bila buku teks tidak memuat ilustrasi maka akan menyulitkan siswa untuk mempelajari suatu teori. Ini bisa diatasi dengan menambahkan referensi dari buku teks lain dan menggunakan kreatifitas dari pengajar.
HapusNama: Hayatun Nufus
BalasHapusNIM: A1B114073
Kelompok: 6
Bagaimana dengan sekolah yang berada di Daerah terpencil yang memiki keterbatasan bahan ajar seperti buku teks, apa pengaruhnya terhadap pembelajaran siswa?
Terima kasih
menurut saya itu sangat berpengaruh sekali pada proses pembelajaran, karena dengan terbatasnya bahan ajar seperti buku teks, akan mempengaruhi ilmu pengetahuan mereka, kurangnya wawasan mereka,serta ketinggalan materi yang akan diajarkan
HapusNama : Niken Indah Wardani
BalasHapusNIM : A1B114085
Kelompok :3
Bagaimana pendapat anda mengenai beberapa buku teks pelajaran sekarang yang memuat unsur pornografi dan SARA ? serta Apabila saat anda mengajar dan di hadapkan dengan buku semacam itu apa yang akan anda jelaskan kepada murid-murid anda? terimakasih
menurut saya buku seperti itu akan mempengaruhi pola pikir siswa, sebaiknya buku teks tersebut tidak digunakan saat proses pembelajaran dan apabila diharapkan memakai buku tersebut menurut saya, saya tidak akan menjelaskan kepada para siswa, lebih baik saya tidak menggunakan buku tersebut dari pada akan merusak moral dan pola pikir para siswa
HapusNama: Mariana
BalasHapusNim: A1B114075
Kelompok: 3
Misalkan kalian adalah seorang guru, bagaimana kalian meyakinkan murid bahwa buku teks itu berperan penting untuk menunjang pembelajaran di era modern seperti sekarang ini yg murid-muridnya kebanyakan lebih menyukai media internet yang praktis, menyenangkan, dan murah dari pada buku teks atau buku pelajaran?
terimakasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusNama : Muhammad Ikhsan Ramadani
HapusNim : A1B114081
Saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Mariana, menurut saya guru lebih berperan waktu di kelas dan lebih berkuasa untuk meyakinkan siswa bahwa buku teks itu sangat berperan saat pembalajaran untuk menunjang keberhasilan pembelajaran,
meskipun di era modern ini sangat banyak murid mumenggunakan media internet yang praktis dam mudah.
Nama : Rieska Ananda
HapusNIM : A1B114095
Saya akan menjawab pertanyaan dari Mariana, saya akan menyampaikan kepada murid-murid saya tentang kelebihan-kelebihan buku teks agar minat mereka untuk belajar melalui buku lebih tinggi, contohnya kita dapat melakukan pembelajaran dengan buku teks tanpa harus ketergantungan dengan energi listrik ini merupakan salah satu kelebihan buku teks yang tidak bisa kita dapatkan saat melakukan pembelajaran melalui media internet yang pengunaanya bergantung dengan energi listrik.
Terimakasih atas jawabannya
HapusSama-sama
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama: Hilda Saraswati
BalasHapusNIM : A1B114023
Kelompok : 2
Apa Kekurangan dari buku teks tersebut? dan bagaimana jika buku teks ini tidak berfungsi dengan baik?
Nama : Muhammad Ikhsan Ramadani
HapusNim : A1B114081
Menurut saya kekurangan dari buku teks tersebut dibatasinya kurikulum, harus menguasai bahasa indonesia baku, persaingan yang ketat, dan keterbatasannya penerbit.
Menambahkan jawaban dari Ikhsan, apabila buku teks tidak berfungsi dengan baik maka ada baiknya menggunakan buku-buku teks lainnya yang lebih berkualitas dan banyak dipakai oleh sekolah-sekolah lain.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : super sumanto silitonga
BalasHapusNim: A1B114059
Jika buku teks tidak berfungsi dengan baik maka tidak akan layak dipake, buku teks juga memiliki aspek-aspek yang harus berfungsi dengan baik yaitu : isi atau materi pelajaran, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan, format buku atau grafika.
Nama : muhammad nasar helmi
BalasHapusnim : A1B114035
Kelompok 5
saya ingin bertanya menurut kalian apakah penting fungsi buku teks bagi para guru untuk meberikan bahan ajaran bagi murid , jika penting berikan alasan nya
Nama : super sumanto silitonga
HapusNim : A1B114059
Sangat penting sekali,
a. Sebagai salah satu sumber pokok bahan pengajaran (Greene dan Petty, 1971: 540 dalam Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 17).
b. Sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 18).
c. Penyedia aneka metode dan sarana pengajaran (Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, 1986: 19).
Dengan buku teks, program pembelajaran bisa dilaksanakan secara lebih teratur, sebab guru sebagai pelaksana pendidikan akan memperoleh pedoman materi yang jelas.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus